Berkeliling desa ini di pagi hari menyenangkan sekali.
Pemandangan yang mendominasi di kanan-kiri jalan yang sempit hanyalah pohon kelapa dan pohon pinang, dengan rumah
kayu penduduk sesekali berdiri di sela-selanya. Aku bisa menghirup udara segar
dan merasakan terpaan angin utara yang lembut. (tapi jangan tanya kalau sudah
siang, ya….mataharinya terik banget!!). Apa yang membuat aku tertarik datang ke desa ini adalah….sagu.
Mungkin sebagian orang Indonesia hanya tau sagu adalah
makanan khas di daerah Indonesia timur, dan
banyak orang Indonesia ngga tertarik dengan sagu….yang menurutku adalah
suatu kesalahan besar…!
Aku mencicipi salah satu hasil olahan dari sagu…. mie sagu.
Ada yang bentuknya tipis seperti bihun, dan ada yang lebih lebar seperti mie
telor. Dan setelah mencicipinya dalam berbagai versi, komentarku bulat: enak
sekali! Rasanya pas, kenyal…dan cocok untuk bakso, digoreng
dengan kecap, dicampur dengan spaghetti, sup ikan….pokoknya TOP banget….
Mungkin sebagian orang bakal nanya,”So…what, klo sagu bisa
jadi mie??”. Ughh...Ok…
Sekarang aku balik nanya, tau ngga apa yang ngga pernah absen dalam dapur rumah tangga orang Indonesia – terutama mahasiswa??? Mie instan, bung! Dan dalam berbagai versi – u can mention it …indomie, sarimie, supermie, mie sedap, apapun itu…. Dan selama ini kita bergantung pada gandum sebagai bahan baku untuk membuat mie (dan gandumnya impor…..). Ngga heran kalau tahun 2005 lalu masih bisa dapat indomie sebungkus Rp 900, maka sekarang harganya sudah Rp 1,700. Jadi, sudah tau ke arah mana pembicaraan kita ini??
Kenapa kita harus bergantung sama produk impor, kalau bahan bakunya bisa kita produksi massal, untuk dapat harga yang lebih murah dan rasa yang lebih enak?
sphagetti |
Sekarang aku balik nanya, tau ngga apa yang ngga pernah absen dalam dapur rumah tangga orang Indonesia – terutama mahasiswa??? Mie instan, bung! Dan dalam berbagai versi – u can mention it …indomie, sarimie, supermie, mie sedap, apapun itu…. Dan selama ini kita bergantung pada gandum sebagai bahan baku untuk membuat mie (dan gandumnya impor…..). Ngga heran kalau tahun 2005 lalu masih bisa dapat indomie sebungkus Rp 900, maka sekarang harganya sudah Rp 1,700. Jadi, sudah tau ke arah mana pembicaraan kita ini??
Kenapa kita harus bergantung sama produk impor, kalau bahan bakunya bisa kita produksi massal, untuk dapat harga yang lebih murah dan rasa yang lebih enak?
Kita punya sagu di Papua…sayangnya masih dibiarkan tumbuh
seadanya – belum dikelola untuk industry. Sedangkan disini, pengelolaan sagu di Sungai Tohor
telah berlangsung puluhan tahun, dan dijalankan secara tradisional dengan
sangat baik. Selama ini permintaan sagu cukup tinggi dari daerah Cirebon dan
Malaysia. Sayangnya, kalau melihat lahan desanya, pastinya jumlah sagu yang
ditanam ngga bisa semassive di Papua. Lagipula di desa ini belum ada pabrik
pengelola sagu menjadi tepung. Paling banter yang cuma dikelola warga menjadi
sagu basah, lalu dijual.
Dengan cara kelola yang terbatas gitu aja, warga sudah bisa hidup
mapan, bahkan naik haji dari hasil menanam sagu. Kebayang ngga, seberapa banyak
orang yang bisa sejahtera dan seberapa banyak tenaga kerja kita bisa diserap,
jika daerah ini bisa memproduksi sagu hingga menjadi makanan jadi??? – kayak mie,
cookies, papeda instan, keripik….
hasil olahan sagu....hmmm..... |
ok, pasti muncul pertanyaan selanjutnya ,"Ada apa emang dengan tanah gambut?". Hufff...kita jelaskan pelan-pelan. Tanah gambut itu bisa dibilang kayak sponge buat cuci piring -- daya serap airnya tinggi, tetapi kemampuan melepaskan airnya juga besar. jenis ini lebih mudah melepaskan air secara horisontal, ketimbang vertikal (sampe sini masih ngerti ngga..). Atau lebih mudah melepaskan air ke samping, ketimbang ke atas (karena penguapan dll).
Nah..apa yang terjadi kalau dibuat kanal-kanal yang lebar? Akan ada semacam kali/ sungai buatan. Saat kanal ini dibuat di lahan gambut, otomatis air tanah yang seharusnya tersimpan lebih mudah terlepas dan mengalir ke dalam kanal. Akibatnya tanahnya jadi kering. Kalau tanah kering, lalu bagaimana nasib tanamannya? Tebak sendiri....
Lantas, apa alasan perusahaan membuat kanal? Untuk mempermudah transportasi gulungan pohon sagu (tual) ke arah pabrik. Kok ngga lewat jalur darat? Karena dinilai lebih MAHAL. (di pulau ini belum ada jalan yang diaspal).
Apa akibatnya kalau lahan gambut rusak? Pertama, permukaan tanah yang menurun (berhubung air tanahnya pada keluar, maka tanahnya akan lebih 'kempes'). Buat pulau besar, mungkin pengaruhnya hanya 'sekedar' air pasang yang lebih tinggi di daerah pantai. Tapi untuk pulau kecil, itu sama dengan vonis tenggelamnya seluruh sejarah kehidupan di pulau itu
Kedua, kebakaran hutan. Lahan gambut yang rusak sangat mudah panas....suhunya katanya sih bisa mencapai 70 derajad celcius di musim kemarau. Terbayang ngga kalau pas dilalui oleh angin yang ekstrim? Itu sebabnya kebakaran hutan sangat mudah terjadi di daerah Sumatra.
Bagi saya, mensupport usaha sagu di pulau ini sama dengan menyokong penduduk dan anak cucu mereka untuk bertahan hidup. Berikut ini adalah salah satu tokoh masyarakat desa yang saya ajak ngobrol....Berhubung pakai bahasa daerah, harap maklum lah, ya...ngga EYD...terjemahin sesuai tuntutnan hati nurani=p
apakah kita mau hutan sumatra seperti ini ? (ilustrasi) |
00:01 lori
Wa bisa diceritain awalnya ini
bagaimana sampai ada industry sagu di daerah meranti ini terutama di desa
sungai tohor. ?
00:19 wa min
Setahu saya, sagu dari awalnya
memang dari sini juga ada sagu tapi belum begitu banyak. Karena kita mengenai
susahnya hidup, karna masyarakat kami sini susahnya hidup jadi terpikirlah dari
kami melihat dari dekat yang desa dekat selat panjang tu ndak banyak perkembangan
ini, perkembangan sagu ini. Membuat ……. sagu ….. ini. Saya pikir kami
kembangkan karena daerah kami ini ada pohon sagu ya, kami coba mohon dengan
pemerintah tahun 1995 itu dapatlah bantuan kami bantuan banpres namanya bantuan
mesin ya. tapi alhamdulilah semenjak dari tahun 94, 95 itu sampai sekarang
masyarakat kami bisa. Bisa 1, 2, 3 sampai 12 daerah kami sudah 12 macam sagu
sekarang.
01:11 lori
12 kilang sagu. Nah sebelumnya
wak memang apa tyang terjadi di sini kalau sampai akhirnya dari pihak desa
kepikiran lebih baik kita mulai membudidayakan sagu di tempat ini?
01:23 wa min
Betul, tahun sebelum tahun 1980
masyarakat kami ini karena mengisikan perut istilah orangn sini katakan berladang
di daerah pulau penyalai sana jauh.
01:36 lori
Dimana itu wa?
01:37 wa min
Pulau penyalai kabupaten Kampar begitu,
kabupaten Kampar dari sini ke penyalai kalau pakai pong pong itu 3 jam 4 jam baru
sampai. Ini kalau setiap tahunnya begini caranya ini desa tinggal, memang tidak
terjamin lagi.
Gak ada warganya.
01:58 wa min
Warganya tak ada, anak – anak
sekolah morat marit jadinya. Ini memang waktu itu cangat sulit sekali
singgahnya di kampung sumgai tohor 7, 8 orang ini tinggalin. Iyo sembayang
jemaatpun susah nyari katip, nyari imam ya, pergi semua.
02:13 lori
Saking sedikitnya orang?
02:14 wa min
Iyo tinggal lagi kepala desa,
p3n, ada beberapa orang warga yang tua – tau yang tinggal lagi, yang lain
berangkat semua ke penyalai. Jadi sudah beberapa tahun datanglah ppl dari riau
itu pak jamaludin namanya tahun 1976 dia datang. Saya juga ikut lading ke sana.
penyalai itu susahnya hidup begitu. Jadi dipanggil oleh pak jamal, saya suruh
pulang untuk memimpin masyarakat sini berladang di daerah kami sini. Ya saya
cobalah turun ke ladang, saya bawa warga semuanya ikut cara persawahanlah, tapi
daerah tanah hujan di situ. Pertumbuhan subur, hasil tidak memuaskan. Jadi tak
seimbang biaya yang keluar dengan pendapatan. 3 tahun saya coba jadi
masyarakatnya. 03:11 terpikirlah oleh kami selaku saya sekdes kepala desa dan
masyarakat lain saya bawa masyarakat kami mengolah tanahnya yang ada masing –
masing, sehingga waktu ituterbuka sekitar 150 hektar sekali drup di bangun itu.
03:30 lori
Sagu?
03:31 wak min
Iya. Kebun sagu. Tapi tak dapat
banyak, lebih kurang 1,5 hektarlah
seorang dibagi. Dibagi – bagi 1,5 hektar 1 orang. Alhandulilah tahu 80an itu
kami coba bawa. Tahun 90 alhamdulilah berhasil. Dan kami berhenti dari padi,
jadi beralih ke sagu.
03:54 lori
Dan kemudian sejak kapan wak
akhirnya sagunya bukan hanya dikirimkan atau didistribusikan ke jawa atau ke
daerah Sumatra yang lain tapi juga di eksport sampai ke Malaysia?
04:07 wa min
Jadi setahu saya waktu itu di
orang cina – cina yang toko – toko inikan mencari informasi. Biasanya kami bawa
sagu, mentahan sagu basah ini bawa ke selat panjang juga, dioperkan ke selat
panjang untuk bikin mie sagu, di tempat air sana. jadi bagi toko – toko ini dah
ada minat datanglah 2,3,4 toko yang datang kemari sagu kami tu diambil bawa ke
Malaysia, itu asal. Jadi bagi kami juga jual di selat panjang murah, jadi lebih
tinggi, lebih mudah, timbangnya di bansal langsung diantar kepala sungai isike,
ke motor, ke kapal besar kapal yang bawa isi sekitar 200 ton lah muatannya itu.
Jadi dari itulah, jadi kami mulailah bergerak 1 kilang, 2 kilang, sampai
sekarang berkembang 12 kilang.
05:07 lori
Sejak ada 12 kilang di sini,
bagaimana efeknya bagi masyarakat sekitar?
05:12 wa min
Alhamdulilah dengan adanya kilang
ini, masyarakat dulunya pergi ke Malaysia ada yang kerja kayu, kerja kayu
bakau, tapi dengan ada kegiatan ini, ini sangat membantu sekali masyarakat.
Seenggaknya beliau sekarang ini kami untuk mencariken upah orang untuk
menebaskan kebun payah sekali, payah sekali. Kalau dulu sebelum basal kilang
sagu ini dibuat, itu kalau kita suruh orang untuk menebaskan sagu 2,3,4 datang
ke kita. Sekarang ini kita mencari orangpun payah. Karena masing – masing sudah
ada kerja. Makannya menanam sagu, membersihkan kebun sagu sendiri, menebang
batang sagu yang sudah bisa dipanen, nah ini belum lagi yang buruh di
perusahaan.
Jadi warga cenderung tidak keluar
tetep tinggal di sini?
06:07 wa min
Ya tetep tinggal di sini.
Masyarakat sini kami alhamdulilah kami tak ada, tak ada lagi, adapun kalau ada
sebagian kecil aja yang pergi ke luar daerah, semuanya bekerja.
06:18 lori
Seberapa signivikan hasil dari
sagu ini bisa mensejahterakan masyarakat? Apa untuk sampai bisa mensejahterakan
anak, untuk nikahin, atau segala macem semua dari penghasilan?
06:27 wa min
Alhamdulilah bisa. Dari sagu ini
semua kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat itu bisa aja. Kadang 1
hektarlah. 1 hektar ittu kalau batang sagu itu kalau apa, itu bisa mencapaikan
100 batang sekali panen tapi jarak waktunya 2 tahun. Sekali panen 2 tahun. 100
batang harga 300rb sudah berapa duitnya, 60 juta.
06:57 lori
Lumayan ya buat disimpen.
06:59 wa min
60jt kalau di simpan ke bank juga
bisa. Jadi di situlah orang ini masyarakat kami sudah mulai berfikir kalau ini
untungnya kerja terus selagi ada tanah yang kosong abis tanam. Kalau ibu pergi
jalan ke tempat kami sagu semua. Tapi sayang ada juga yang bersih ada yang
tidak.
07:22 lori
Dan kemudian wa, itukan sejauh
ini kita adanya kilang untuk mengubah dari bentuk batang itu untuk menjadi sagu
basah. Ada gak kepikiran warga untuk membuat industry kecil untuk mengubahnya
jadi sagu kering sehingga maksutnya kalau di jual bisa dengan hahrga yang lebih
mahal, menguntungkan warga?
07:42 wa min
Bisa, sebetulnya kami ada pikir
itu, dulu juga ada pemerintah mau member bantuan untuk bikini kilang sagu
tepung. Jadi dengan bapak – bapak yang datang juga dah, sudah mau betul tapi
saya beri masukan kalau bapak bantu kami, kami siap menerima. Tapi bapak coba
pikirkan lagi sebelum ini terlanjur, kalau membikin sagu tepung ini setahu saya
itu modal kita harus 3x lipat baru bisa. Kala itu gak bisa, yang pertama kalau
kami siap, kami siap menjualkan sagu kepada kilang sagu tepung ini bisa. Kami
antar 1 bulan 2x itu, kalau kami …. 2x sebulan setiap ada basar. Antar pertma
itu sekitar dalam 300 ton. 200/ 300 ton lah kami antar kali 2000 aja sekarang,
sekarang ini sagu basahnya 2000. Itu sudah 600jt. 08:48 jadi
beberapa hari datang lagi, sedang sagu yang pertama masih kita jemur, kita apa
kirim ke Cirebon uangnya belun juga datang, datang lagi, kami jual lagikepada
kilangan tu, jadi modalnya harus berlipat ganda. Kalau tidak gitu tidak bisa.
09:04 lori
Berarti sejauh ini belum ada
kalau harus swadaya belum ada masyarakat yang bisa menyediakan modal sedemikian
besar?
09:11 wa min
Belum. Jadi seenggaknya bapak
tadi saring – saring o betul juga. Jangan nanti pak, mesin yang bapak bantu
nanti jadi mesin tua kan gitu yang tidak bermanfaat. Jadi pemerintah bantu
tidak ada hasil kami juga tidak apa. Makannya jadi kalau dulu kita ……… kalau
begitu ini berarti mau 2,3 instansi yang terkait berurusan dengan ini,
sampailah sekarang tak ade leagi cerita tak ade, habis. Memang keuntungannya
memang betul kami tau kalau dijadikan sagu tepung tu keuntunganya lebih besar
lagi daripada apa ini. Tapi pertama bahan bakunya kami tidak cukup. Jadi sekali
kerja seterusnya tidakan percuma juga. Jadi peralatannya nanti akan rusak.
10:00 lori
Ok. kan di, di daerah ini bukan
hanya terutama di pulau ini ya pak ya, itukan bukan hanya ada sagu, tapi juga
ada kelapa, karet, seperti itu nah ini mana pak yang dominan kalau kita lihat
dari pulau tebing tinggi ya?
10:17 wa min
Kalau pulau tebing tinggi setahu
saya yang dominan rubia. Nah itu tadi sesuai dengan kondisi tanah. Juga di sini
yang berkembang sekarang ini rumbia dengan karet itu yang berkembang ketiga
kelapa. Kalau di daerah kami ini di bawahnya tanam sagu, di atasnya karet.
Karena tidak cocok dengan ditanam rumbia. Makannya kami ini mengharap juga
dengan pemerintah hutan daerah kami inikan, dulukan akan diambil oleh pt lum,
apa namanya itu.
10:56 lori
Perusahaan
10:57 wa min
Ya, ini kami pertahankan betul
jak kol, jak kol, jangan kalau hutan kami
di Derek itub diambil oleh pt lum sagu – sagu kami ini habislah.
11:07 lori
Kenapa pak bisa begitu?
11:09 wa min
Tanam sagu memerlukan air.
Menganyut sampai panen kita mengeluarkan tual sagu di tebang – tebang nek di
parit kan memerlukan air, air pasang tak sampai selama inikan air hutan yang
turun. Menghanyutkan tual ke kilang itu. Yang tinggal kami mengolah kilang itu
memerlukan air. Kalau air hutan tu tak ada air mana hendak diambil. Air pasang
tak mungkin, gak bisa. Hutan ini sebagai pelindung kami. Sebagai pelindung
kebun – kebun kami yang di bawah. Makannya kami pernah bukan kami mau hutan
untuk kami, tidak, supaya hutan itu lebih lestari begitu. Kalau kami nebangpun
sekali kekbutuhan kami masyarakat 1 batang 2 batang. Nak tebang bikin papan,
bikin rumah itu aja. Tapi kalau kilang itu pt itu masuk habis semuanya. Ini
kalau bagi saya, prinsip saya, pendapat saya. Gara – gara hutan di lancang ini
habis angin di sini cukup kuat. Karena angun dari utara tu tak ada lagi apa.
Kalau dulu tak seperti ini.
12:18 lori
Gak ada lagi penahannya?
12:19 wa min
Ya penahannya sampai langsung.
Sekarang kuat betul, berbeda betul jauh berbeda.
12:24 lori
Itu kalau musim apa pak terasa?
12:25 wa min
Muson ini, muson utara inilah.
Kalau musim utara terasa betul panasnya kuat, anginnya kuat, dulunya tak ada
seperti ini sekarang jadi begini, aduh, saya pun memang … semenjak dari
dulu .... saya benci betul ini. Saya suko benci. .... dia mencari
orang tokoh – tokoh masyarakat yang besar member pengaruh kepada masyarakat.
Saya datang orang tu saya larilah saya tak mau ketemu sama dia. 13:05 Dia itu kalau kita lemah berapa maunya kita dia kasih
apa aja kemauan kita. Tapi semanjak kami kaya menjadi kepala desa 30 tahun itu
kami sudah berprinsip dengan kapala desa sejengkal tanahpun kami tidak akan
beri kepada orang lain. Itu prinsip kami. Kami mengingat anak cucu yang akan –
akan desa ini bagaimana hidupnya, itu yang kami pikirkan bukan untuk kami. Tapi
setelah kami berhenti, ada lain cerita.
No comments:
Post a Comment