Thursday, September 27, 2012

Suatu hari: kaum Jetset Dubai


Burj Khalifa di malam hari
Jadiii...di Dubai itu banyak banget orang kaya. Mobil BMW, Porsche, Chevrolet itu bisa banyak didapatin di jalan. Demikian juga Jaguar, Aston Martin, Hammer, Land Cruiser…semuanya ada. Kayaknya mobil jelek nyaris ngga ada. Seandainya ada, ngga mungkin karatan kayak bemo ato angkot di Jakarta dan Jogja (maaf…ini sekedar ungkapan fakta tanpa maksud apa-apa, lho..).

Rumahnya pun besar-besar. Rumah di daerah Puri dan Pondok Indah, Jakarta yang menurut kita sudah mewah banget,  ternyata terhitung banyak yang punya di kota ini. Bahkan masih ada yang lebih elit, yang rumahnya kayak istana negara! Golongan ini tinggal di bagian Dubai yang dekat dengan daerah Palm Jumeirah resort, deket salah satu bangunan megah bernama Burj al-Arab. Burj al-Arab adalah hotel bintang 7 (selama ini kamu cuma tau hotel bintang *****, khan…) di Dubai yang sempat menjadi icon kota ini sebelum munculnya  Burj Khalifa, di daerah downtown Dubai.
Burj Khalifa di siang hari

Nahh..orang kaya yang aku maksud memiliki rumah-rumah ini rata-rata adalah keluarganya raja. Saking luasnya arena rumahnya, bisa kayaknya buat jadi lapangan upacara...Gerbangnya gede banget dan ada penjaganya. Rata-rata tentunya pintu gerbang berdiri kokoh dan tertutup rapat. Pas nengok ke salah satu 'istana' dengan pintu gerbang yang terbuka, ternyata ada jalan masuk yang panjang -- kurang lebih sampe 50 meter ke dalam gitu, baru deh sampe ke bangunannya yang segede-gede istana (seperti di film Princess Diary). Lalu, ada juga orang kaya yang ‘ekstrim’. Entah karena dalam rumahnya udah ngga ada area parkir ato gimana, akhirnya perahu yacht nya ada yang ditaruh di pinggir jalan depan rumah, hadoohhh….bisa menimbulkan kecemburuan sosial itu….(*__*)

tempat kaum jetset menyandarkan kapalnya di Abu Dhabi
Memang semua itu terlihat sagatlah ekstrim…apalagi klo dibandingkan dengan rumah-rumah para pekerja Iran yang tinggal di ruko-ruko, atau tenaga kerja Nepal, India, dan Asia yang tinggal di apartemen kecil… Setidaknya gaya hidup et set itu membuktikan 1 hal: bahwa salah satu sifat alamiah manusia adalah tidak mengenal kata “puas”….semua orang pengen jadi raja. Hmm…seandainya saja para orang kaya Dubai ini sebijak pedagang keturunan china dalam mengelola uang.
Lepas dari itu, karena mereka pun mengakui bahwa mereka bukanlah Negara demokrasi, kejomplangan kelas social itu seakan sah untuk menunjukkan “siapa tuan rumah di Negara ini”, dan itu masuk akal. Jadi, apakah masih berpikir bahwa demokrasi adalah system terbaik…??






No comments:

Post a Comment