Saturday, December 1, 2012

Dubai: Hidup sebagai Perantau




Suatu hari aku pernah naik mobil dengan supir orang Asia Selatan (aku lupa tepatnya, apakah dia Pakistan, Afganistan, atau India). Saat ditanyai bagaimana pendapatnya tentang Dubai, dia bilang kota ini tidak menyenangkan. Aku dan teman-temanku yang berada di mobil itu tentu saja heran. Lalu dia lanjutkan dengan mengatakan bahwa kota ini menyenangkan untuk kunjungan beberapa waktu, tetapi jika kita tinggal untuk waktu yang lama, kita akan menemukan bahwa kota ini tidak begitu menyenangkan. Kesimpulan yang kuperoleh dari curhat si supir yang lumayan panjang adalah biaya hidup di Dubai tinggi dan penduduk setempat yang individualistis.

para pekerja asing sangat mudah ditemukan di jalanan
Setidaknya sudah 2 supir yang kami tanyai, dan mereka berkomentar relatif serupa. Kota ini memang menakjubkan apabila dilihat dari konstruksi bangunannya yang menjulang dan megah. Bahkan banyak hal di UEA yang menjadi nomor 1 di dunia -- gedung tertinggi, mall terbesar, aquarium terbesar, lift tercepat, gedung dengan lantai terbanyak, dan entah apalagi yang belum aku ketahui…Tapi jika kita terjun dalam kehidupan sehari-hari, mereka bilang itu tidak semudah yang terlihat.

Aku mulai mencoba memahaminya… Harga makanan di UEA cenderung sama dengan harga di Jakarta (bahkan terkadang ada yang lebih murah). Untuk produk-produk elektronik… jelas lebih murah UEA, meskipun kosmetik cenderung lebih mahal. Pakaian-pakaian juga banyak yang murah, meskipun banyak pula yang mahal (tapi jika dibandingkan dengan item yang sama, maka Jakarta akan memberi harga yang lebih mahal). Harga transportasi jika harus naik taksi pun sama dengan harga di Jakarta. Jadi analisaku sementara adalah memang gaji para pekerja pendatang disini rendah, sehingga mereka memang harus berjuang untuk hidup -- mungkin bahkan mengambil 2 profesi, di siang dan malam hari…atau, justru gaji mereka sudah memadai, tapi mereka masih membandingkannya dengan gaya hidup yang diperoleh oleh penduduk local (dan itu memang ngga mungkin sama…)

Beberapa supir yang pernah berbincang dengan kami -- selaku wartawan, kami banyak bertanya, dan 'korban'nya kebanyakan supir -- banyak yang merupakan pendatang baru. Mereka baru hitungan beberapa bulan atau belum sampai 5 tahun bekerja. Pemikiranku sementara mengenai hal itu adalah pekerja sebelumnya banyak yang tidak bertahan, lalu memilih untuk keluar dan pindah entah kemana. Itu sebabnya selalu ada pekerja baru yang masuk. Banyak dari mereka belum menikah (aku bayangkan jika di Indonesia, pastinya pria seusia mereka sudah menikah--bahkan meskipun mereka pengangguran). Jika ditanya mengapa belum menikah, alasannya karena hidup sangat keras…(wow…mereka realistis sekali…seandainya lebih banyak orang Indonesia yang realistis ketimbang mengandalkan figure atau harta gono-gini…uppss….kemabli ke track)

Aku memang tidak pernah menanyakan gaji mereka, tetapi itulah bayangan dalam benakku sementara ini. Bahkan saat di Bahrain, supir kami, Jafar (semoga masih ingat) bilang kalau di Bahrain pembantu yang berasal dari warga pendatang ’ hanya’ dihargai Rp 1,6 juta per bulan. Meskipun untuk ukuran Indonesia itu sudah mahal banget (mencapai 3x gaji pembantu di Indonesia), tetapi untuk ukuran Bahrain itu masih murah sekali, mengingat biaya hidup yang mahal. Kabar baiknya, pembantu rumah tangga tidak perlu mengeluarkan biaya transport, tempat tinggal, dan makan – karena semuanya telah ditanggung oleh majikan mereka. Nah…, nampaknya gaji supir pun tidak jauh berbeda dari angka itu. Mungkin sedikit lebih tinggi, tapi mereka masih harus keluar biaya makan dan tempat tinggal. Beruntung supir kami Jafar adalah mantan pegawai bank, sehingga ia tidak benar-benar bergantung hanya pada pekerjaannya sekarang yang sebagai supir. Tapi ngga semua supir seberuntung Jafar -- bahkan bisa dikatakan lebih banyak yang senasib dengan para pembantu dan supir dari Asia Selatan ini. Huff…kiranya Tuhan menolong mereka...

uppss..ini bukan pekerja asing...Ini Yudi dan Timmy pas liputan profil TKI yang berhasil di Dubai^^
Lalu bagaimana dengan kehidupan pendatang di negara Timur Tengah lainnya? Di Irak misalnya…aku jadi penasaran. Irak merupakan negara tujuan kami selanjutnya, tetapi kami masih berusaha mendapatkan visa untuk masuk ke sana. Aku dengar di Irak ada pembantu-pembantu yang digaji mahal disana – mencapai US$500-600 per bulan! Menurut kabar, mereka memperolehnya jika mendapat majikan yang berasal dari suku Kurdi yang tinggal di sebelah utara Irak – suku ini adalah pengusaha minyak. Kabar itu masih sumir, dan…bagaimana aku mau tau kalau belum sampai kesana…
Usut punya usut, setelah bertanya dengan orang Indonesia yang tinggal di Dubai, ternyata biaya tempat tinggal cukup mahal di Dubai – menyebabkan para pendatang harus membayar secara patungan untuk menyewa 1 ruang apartemen. Biaya sewa apartemen bisa mencapai 3300 dirham per bulan atau US$900 an (atau sekitar Rp 8,200,000). Padahal itu setara dengan gaji penjaga toko di mall. Jadi, mau ngga mau, 1 apartemen harus digunakan oleh 3-5 orang untuk menghemat biaya, sehingga dapat lebih banyak menabung atau mengirim uang bagi keluarga yang ditinggalkan di negara asal. Itu pula yang menyebabkan banyak perusahaan Dubai pun menyediakan  tempat tinggal bagi karyawan dan bus antar jemput untuk menghemat biaya transportasi. Beruntunglah bagi mereka yang mendapatkannya. Tapi bagi yang tidak, wajar saja mereka merasakan betapa kerasnya hidup di kota ini. Belum lagi harus bekerja dan deal dengan berbagai pendatang asing yang punya kultur kerja berbeda-beda…bisa mendatangkan stress di tempat kerja maupun di jalan. Tapi setidaknya selama bekerja di Dubai, mereka bisa menghadiahkan barang-barang elektronik dengan harga murah untuk dikirim ke keluarga mereka.

11 comments:

  1. Jadi, barang apa nih yang pantas untuk dijadikan oleh-oleh pulang ke Indonesia? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. SAYA SANGAT BERSYUKUR ATAS REJEKI YANG DIBERIKAN KEPADA SAYA DAN INI TIDAK PERNAH TERBAYANKAN OLEH SAYA KALAU SAYA BISA SEPERTI INI,INI SEMUA BERKAT BANTUAN MBAH RAWA GUMPALA YANG TELAH MEMBANTU SAYA MELALUI NOMOR TOGEL DAN DANA GHAIB,KINI SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTANG-HUTANG SAYA BAHKAN SAYA JUGA SUDAH BISA MEMBANGUN HOTEL BERBINTANG DI DAERAH SOLO DAN INI SEMUA ATAS BANTUAN MBAH RAWA GUMPALA,SAYA TIDAK AKAN PERNAH MELUPAKA JASA BELIAU DAN BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU OLEH RAWA GUMPALA MASALAH NOMOR ATAU DANA GHAIB SILAHKAN HUBUNGI SAJA BELIAU DI 085 316 106 111 SEKALI LAGI TERIMAKASIH YAA MBAH DAN PERLU ANDA KETAHUI KALAU MBAH RAWA GUMPALA HANYA MEMBANTU ORANG YANG BENAR-BANAR SERIUS,SAYA ATAS NAMA PAK JUNAIDI DARI SOLO DAN INI BENAR-BENAR KISAH NYATA DARI SAYA.BAGI YANG PUNYA RUM TERIMAKASIH ATAS TUMPANGANNYA.. BUKA DANA GHAIB

      Delete
    2. KISAH SUKSES SAYA JADI TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS. AGUSDIN SUBIANTORO yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku deputi Bidan penempatan BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0823-5240-6469
      kisah cerita saya awal jadi TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS AGUSDIN SUBIANTORO yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0823-5240-6469
      kisah cerita saya awal jadi TKI

      Disini saya akan bercerita kisah sukses yang menjadi kenyataan mimpi Beliau.
      KEGIATAN SEBELUM MENGIKUTI PROGRAM.
      Seperti para pemuda umumnya dan dengan kondisi ekonomi Keluarga saya yang pas-pasan saya ikut merasa prihatin dan menghendaki adanya perubahan ekonomi dalam keluarga saya. Saya lahir di salah satu kampung terpencil di kota surabaya jawa timur, dimana struktur tanah tempat kelahiran dia adalah pegunungan dengan mata pencaharian masyarakat sekitar petani dan beternak. Pengorbanan keluarga yang selama mendidik, membina dan membiayai hidup saya selama ini tak cukup hanya sekedar saya mengikuti jejak orang tua saya menjadi petani, saya harus membuktikan kepada keluarga untuk menjadi yang terbaik, tetapi dimana dan bagaimana? Sisi lain saya tau saya hanya lulusan SLTA sedangkan lowongan pekerjaan hanya diperuntukan bagi lulusan Diploma dan Strata 1.
      Pada pertengahan tahun 2016 saya bertemu dengan seorang teman lama di Jalan Raya waru sidoarjo. Dia memperkenalkan saya dengan salah satu pejabat BNP2TKI PUSAT, Beliau adalah KPL DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO. Alamat BNP2TKI Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770.
      Saya diberikan No Kontak Hp Beliau, dan saya mencoba menghubungi tepat jam 4 sore, singkat cerita saya'pun menyampaikan maksud tujuan saya, bahwa sudah lama saya mengimpikan bisa bekerja di japang. Beliaupun menyampaikan siap membantu dengan bisa meluluskan dengan beberapa prosedur , saya rasa prosedur itu tidak terlalu membebani saya. Dari sinilah saya menyetujui nya, yang sangat membuat Aku bersyukur adalah bahwa saya diminta melengkapi berkas untuk saya kirim ke kantor beliau dan sayapun disuruh menyiapkan biaya pengurusan murni sebesar Rp. 22.500.000. Inilah puncak kebahagiaan saya yang akhirnya saya bisa menginjakkan kaki di negeri sakura japang.
      Akhirnya saya mendapat panggilan untuk ke jakarta untuk dibinah selama 2 minggu lamanya, saya hanya diajarkan DASAR berbahasa japang. Makna yang terkandung di dalam'nya sangat luar biasa dirasakan oleh saya, tanggung jawab, disiplin, berani dan sebagainya merubah total karakter saya yang dulu cengeng dan kekanak-kanakan, walau kadangkala saya masih belum begitu yakin apakah dia bisa berangkat Ke Jepang dengan baik, akhirnya saya mendapat Contrak kerja selama 3 tahun lamanya di bidang industri.
      Rasa pasrah dan khawatir menghinggapi saya saat itu, seorang anak kampung berangkat ke Jepang dengan menggunakan pesawat terbang yang sebelum belum pernah saya rasakan sebelumnya. Jangankan naik di atas pesawat melihat dari dekatpun saya belum pernah sama sekali.Di Bandara Soekarno Hatta kami di temani oleh petugas Depnakertrans dan IMM Japan untuk melepas keberangkatan saya, rasa haru dan air mata sedih berlinang di pipih saya pada saat saya di izinkan prtugas untuk pamit kepada keluarga yang kebetulan saya diantar oleh paman di jakarta, kami saling berpelukan dan mohon salam dan restu dari orang tua dan keluarga.
      MASA MENGIKUTI PROGRAM KEBERANGKATAN DI JEPANG.
      Setibanya di NARITA AIRPORT Jepang, saya dijemput oleh petugas IMM Japan yang ada di sana, dan dia diantar ke Training Centre Yatsuka Saitama-ken untuk mengikuti pembekalan sebelum di lepas ke perusahaan penerima magang di Jepang. jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk deputy Bidan pempatan BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO ini No Contak HP pribadi Beliau: 0823-5240-6469 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.

      Delete
  2. How bout Indonesian nurses? Is there any though?
    I dislike the fact that most of Indonesians kalo keluar negri pasti jadi pembantu or driver :(
    We should aim high! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, baru liat blog ini di 2017. Mungkin banyak perubahan sudah dialami oleh bangsa kita dan mbak Diva sendiri. Penasaran nih, mbak Diva sendiri sudah sempet kerja di luar negerikah? Atau memang sudah tinggal/lahir di luar yah? Banyak kok Mbak tenaga2 kerja Indonesia yg bekerja di luar negeri dg jabatan manajemen. Contohnya saya, I used to work in 5 stars hotels for 13 years in 5 different countries. Last position as Restaurant Manager cum FB Promotion at Banyan Tree Hotel Macau, selama perantauan banyak kok ketemu temen2 seperantauan yg lain dg beda posisi, sekretaris, pilot, assistant manager, pramugari, dishwasher, maid, housewives etc.

      Kerja di luar negeri itu bukan buat semua orang, pertama seberapa niat/nekat, kedua seberapa terikatnya dg keluarga/direstuin ga sama keluarganya. Banyak temen yang bilang, "Enak ya Tan dikasih apartemen sendiri semua biaya dibayarin. Gw juga pengen gimana caranya?" Kalau niat caranya banyak, tergantung niatnya berapa keras dan harus pintar baca situasi (duluuu sekali saya pernah coba 6 kali ngelamar jadi pramugari sampai apply di Malaysia juga pernah, akhirnya saya menyadari pramugari bukanlah jalan saya). Lalu gimana? Kalau impian belum tercapai, detour saja sedikit di dalam industri yg sama, in sha Allah terus ada jalan.

      Pada dasarnya tiap orang yang niat sampai kerja di luar negeri itu betul2 ingin memperbaiki nasib. Para maid/driver itu hidupnya keras! Banyak pengorbanan, hidup satu kamar dg 5 orang lain yg beda karakter, it's not a pleasant life let me tell you. A cramped place, overcrowded, no heater, ceiling is leaking because the owner is too cheap to fix it, mould on your wall, sleeping on a 3cm mattress. Family back at home is missing you, you keep thinking about your 3 years old son or maybe your husband at home is gambling away your hard-earn-money. Then you have guests/customers/employers treating you like sh!t because you're "just a maid". Try walking in their shoes for a while, let me tell you I have big respect for them. Ketabahan dan keteguhan hatinya tiada tara!

      Salah satu halangan orang Indonesia jarang di luar negeri karena bahasa, kedua karena masih terikat dg keluarga. These people who dared to earn a living abroad definitely have aimed higher, otherwise they'll just stay at Indonesia. We need to see the person's capacity/background/education before placing a certain expectation on him/her (equality VS equity). What I need and what you need are 2 different things though we are both Indonesians and females. Sadly, not all people are born equal (we didn't get to choose our parents nor where we were born did we?).

      These people are just as humans as you and I, as kind as you and I, as generous as you and I. I just hope Indonesians will soon realize we need to “step up our game” to welcome the globalization, with how things are in the world nowadays (economy, refugees etc.) I expect there will be more foreigners coming into Indonesia to earn a living here.

      Delete
  3. Perkhidmatan pos antarabangsa paling murah!
    Gunalah Viabox. Antara kelebihan Viabox adalah 100% keahlian percuma, tiada caj pemprosesan dan tiada caj tersembunyi. Barangan anda dijamin selamat dan penghantaran dijamin laju. Maklumat lanjut boleh di dapati di www.viabox.com.

    ReplyDelete
  4. Assalamu alaikum,Saya Indri seorang TKW dari Malaysia,memohon maaf yang ada di fb ini bila kata2 saya ada yang salah,namun tujuan saya di sini hanya ingin berbagi cerita kepada para rekan2 saya yang jadi tkw di negeri orang,hidup di negeri orang memang amatlah susah,gaji pas2an,makanpun ala kadarnya,namun apa boleh buat demi mencukupi kebutuhan keluarga yg ada di kampung,mau tidak mau saya harus menjalani semua penderitaan itu,namun syukur alhamdulillah berkat kerja keras dan doa saya slama ini alhamdulilah allah sudah memberi jalan kesuksesan sama saya,meskipun jalan ini di larang oleh agama tp mungkin inilah satu2nya jalan untuk merubah nasib hidup saya,secara kbetulan saya lihat di internet tentang seseorang yg bisa mengubah nasib jadi lebih baik dengan jalan pemasangan angka togel,saya beranikn diri menempuh jalan itu dan ternyata angka yg di berikan oleh NYI SUGENG tembus dan saya menang 577jt,saya sangat bersyukur atas rezeki yg sy daptkan itu,ini bukan hanya sekedar cerita tp ini kenyataan.Jadi bagi saudara2 saya yg masih jd tkw ataupun yg lagi dalam kesulitan jangan ragu untuk menhubungi NYI SUGENG di 085 256 212 007 krna sy sudah membuktikannya,wassalam

    ReplyDelete
  5. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Saya yoeli ingin berbagi kpd teman semua…tentang Angka Togel Yang Di Berikan Ki HAJAR DEWANTORO, Awalnya saya sedikit ragu tetapi saya sangat membutuhkan bantuan, dan saya coba hub ki HAJAR DEWANTORO
    Alhamdulillah saya bisa di bantu oleh beliau, pertama beliau memberikan angka 4D kpd saya, dan angka itu saya pasang,, awalnya saya tidak percaya ketika teman saya memberikan kabar, kalau angka yg aku pasang benar-benar keluar, dan saya menang 97 juta, berkat bantuan ki HAJAR DEWANTORO.,
    Saya ucapkan banyak terima kasih kepada ki HAJAR DEWANTORO yang telah meluangkan waktunya untuk saya, konsultasi dengan ki HAJAR DEWANTORO selama ini benar benar sangat luar biasa…. Selain hebat, ki HAJAR DEWANTORO juga punya keahlian banyak. seperti, minyak penarik uang Pesugihan,, Santet,, Penarikan dana ghaib,, Pelaris,, dan Pelet,,
    Info: Buat Teman yang Pengen Merubah Nasib Silahkan..
    Hub: Ki HAJAR DEWANTORO Di:082-188-463-467.
    ATAU KLIK DISINI

    ReplyDelete
  6. Hai manusia bertobatlah sebelum ajal menjemput kita semua, carilah rejeki dengan cara yang hak, mintalah rejeki hanya kepada Allah semata. Gantungkan seluruh harapan dengan penuh keyakinan hanya kepada Allah, niscaya Allah akan memberikan jalan keluar yang tiada terduga.

    ReplyDelete
  7. http://seputarvip99domino.blogspot.com/2017/12/jadi-lokasi-produksi-sabu-cair-dki.html
    http://seputarvip99domino.blogspot.com/2017/12/menpora-berikan-bonus-rp-390-juta-saat.html
    http://seputarvip99domino.blogspot.com/2017/12/yuk-intip-nasib-karier-shio-anjing-di.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At vipkiukiu .net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM
    - No Hp : +855-8173-4523

    ReplyDelete
  8. Mbak/mas apa saat ini masih berada di Dubai? Saya berencana pergi ke sana bulan depan.

    ReplyDelete