Saturday, December 1, 2012

Yordania: Hari yang Sejuk



penampakan Amman dari atas bukit
Pesawat hampir mendarat di Amman, Yordania pada pukul 3.25 sore waktu setempat, saat aku belum menuntaskan film “Narnia: Voyage of the Dawn Treader” yang aku tonton. Kulihat melalui jendela bahwa cuaca di luar cukup cerah.

Apa kepentingan aku dan teman-temanku sampai ke Yordania? Sebenarnya tidak ada. Kami kehabisan visa, dan membutuhkan waktu beberapa hari untuk mengurusnya. Maka kami harus masuk ke negara lain yang mengijinkan turis masuk dengan visa on arrival…dan itu pun berarti kami harus mengijinkan alat-alat broadcast yang kami bawa untuk ditahan. Maka jadilah kami ke negara Yordania bak pelancong.

Bandara Queen Aliya, Yordania memang tidak sebesar dan sebagus bandara di Dubai Int'l Airport, UEA. Tapi paling engga jalurnya simple dan keimigrasiannya ngga seketat di UEA. Begitu kami keluar bandara, seorang supir menjemput kami dan segera membawa kami ke ibukotanya yang bernama Amman.

Jika mau melihat kota Timur Tengah yang mendekati bentuk aslinya, seperti yang sering muncul di film-film bertema sejarah, Yordania tempatnya. Di Yordania, kamu akan menemukan masih banyak padang luas dan bukit-bukit dengan rumput yang semi hijau-kekuningan serta tanah berupa pasir berbatu. Lalu akan ada sekawanan domba, kambing, atau keledai yang sedang berbaring atau makan rumput disana bersama dengan gembala yang nampak menjagai kawanan hewan lucu itu. Ini membuat aku lebih mudah mengimajinasikan dalam benakku bagaimana kisah Tuhan Yesus saat menceritakan  tentang perumpamaan “gembala yang baik bersama kawanan domba-domba gembalaannya”.=)

Ternyata bukan hanya kawanan domba dan keledai yang ada di pinggir jalan, tetapi juga tenda-tenda. Awalnya kukira itu adalah rumah orang miskin di negeri ini. Tapi ternyata tidak… Supir kami (yang aku lupa namanya) bilang kalau ada warga gipsi yang suka tinggal nomaden/ berpindah-pindah. Selain itu, ada juga penduduk setempat yang memang sudah memiliki rumah, tetapi memilih untuk tinggal di tenda-tenda semacam itu pada musim tertentu. (Hmm..kebiasaan yang aneh menurutku). Bedanya tenda penduduk setempat dengan tenda milik gipsy, adalah pada warnanya – gipsy cenderung menggunakan tenda warna-warni, sedangkan warga arab Yordan menggunakan tenda warna putih lusuh.

Jalanan dari bandara menuju kota Nampak sepi, meskipun ada beberapa tempat perhentian. Udara di luar cukup sejuk dan kering. Katanya jika kami datang seminggu lebih awal, kami bakal masih sempat menyaksikan salju turun menutupi kota.
Memasuki kota Amman, kamu akan melihat rumah-rumah seperti yang muncul dalam film Passion of the Christ. Berbeda dengan Dubai yang rumah-rumahnya sudah banyak modifikasi cat dan bentuk, rumah di Amman dan gedung-gedungnya masih beratap datar dan banyak yang terbuat dari dinding batu-pasir berwarna salem -- sangat mirip dengan warna pasir gurun. Amman benar-benar kota yang tenang dan nampak masih statis. Mungkin bisa diumpamakan dengan kota Tarakan di Kalimantan Timur. Tidak terlihat keramaian di kota ini. Mall yang ada bahkan kalah besar jika dibandingkan dengan Balikpapan Center. Memang ada KFC, Pizza Hut, Domino's Pizza dan beberapa produk franchise lainnya, tetapi tidak banyak. Sekali mengelilingi mall nya, pasti langsung bosan. Dan seperti hal nya penduduk di UEA dan Bahrain, penduduk lokal fasih berbahasa inggris, hanya saja tidak banyak pekerja dari Asia Selatan, Asia Timur, maupun Asia Tenggara disini. Di jalan-jalan, yang kami temui hanya warga Arab.

Kami diantarkan ke sebuah hotel yang bernama Holiday Inn. Hari menjelang gelap, suhu udara sudah turun hingga 15 derajad celcius, dan angin menjadi cukup kencang dibandingkan sore tadi. Yahhh…namanya juga masih peralihan dari musim dingin – berbeda dengan Bahrain dan UEA yang suhunya sudah mulai mencapai 35 derajad celcius di siang hari. Dan akhirnya mantel yang kami bawa dari Indonesia berguna juga…

3 comments:

  1. ASSALAMU ALAIKUM WR,WB.
    PERKENALKAN NAMA SAYA MBAK DEWI DULUNYA SAYA LAGI BINGUN BANGET KARNA SAYA LAGI MENGALAMI COBAAN HIDUP YANG TAK KUNJUNG USAI,SAYA HAMPIR SAJA BERBUAT NEKAT,PERBUATAN YANG SANGAT DIBENCI OLEH ALLAH YAITU BUNUH DIRI,SEMUA ITU AKIBAT BATIN SAYA YANG SANGAT TERTEKAN,PADAHAL SAYA MASIH MEMPUNYAI ANAK YANG MASIH KECIL2 YANG SEHARUSNYA DAPAT KASIH SAYANG ORANG TUA SEUTUHNYA,NAMUN KARNA KONDISI YANG SERBA KEKURANGAN MEMBUAT ANAK SEPERTI KURANG TER URUS,DALAM KALUTNYA SAYA COBA BUKA2 INTERNET DAN DISITULAH SAYA MELIHAT KOMENTAR PARA PEMENANG YANG SAAT INI SUDAH BERHASIL, NOMOR EYANG JOYO KARTOYO..MAAF SAYA CURHAT DENGAN ANDA,ORANG YANG BELUM SAYA KENAL SAMA SAYA,SEPERTI KOMENTAR2 PADA ANDA LEWAT INTERNET, DAN DISITULAH SAYA MENCOBA MENGHUBUNGI EYANG JOYO KARTOYO DAN KEMUDIAN SAYA MEMINTA REJEKI KEPADA BELIAU, DAN ALHAMDULILLAH KINI KEHIDUPAN SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA ITU SEMUA BERKAT BANTUAN EYANG JOYO KARTOYO MEMBERIKAN ANGKA RITUAL KEPADA SAYA, DAN BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI EYANG JOYO KARTOYO DI NOMOR 085-211-977-346 NOMOR RITUAL EYANG JOYO KARTOYO MEMANG TIDAK DUANYA DIJAMIN 100% TEMBUS

    ReplyDelete
  2. ASSALAMU ALAIKUM WR,WB.
    PERKENALKAN NAMA SAYA MBAK DEWI DULUNYA SAYA LAGI BINGUN BANGET KARNA SAYA LAGI MENGALAMI COBAAN HIDUP YANG TAK KUNJUNG USAI,SAYA HAMPIR SAJA BERBUAT NEKAT,PERBUATAN YANG SANGAT DIBENCI OLEH ALLAH YAITU BUNUH DIRI,SEMUA ITU AKIBAT BATIN SAYA YANG SANGAT TERTEKAN,PADAHAL SAYA MASIH MEMPUNYAI ANAK YANG MASIH KECIL2 YANG SEHARUSNYA DAPAT KASIH SAYANG ORANG TUA SEUTUHNYA,NAMUN KARNA KONDISI YANG SERBA KEKURANGAN MEMBUAT ANAK SEPERTI KURANG TER URUS,DALAM KALUTNYA SAYA COBA BUKA2 INTERNET DAN DISITULAH SAYA MELIHAT KOMENTAR PARA PEMENANG YANG SAAT INI SUDAH BERHASIL, NOMOR EYANG JOYO KARTOYO..MAAF SAYA CURHAT DENGAN ANDA,ORANG YANG BELUM SAYA KENAL SAMA SAYA,SEPERTI KOMENTAR2 PADA ANDA LEWAT INTERNET, DAN DISITULAH SAYA MENCOBA MENGHUBUNGI EYANG JOYO KARTOYO DAN KEMUDIAN SAYA MEMINTA REJEKI KEPADA BELIAU, DAN ALHAMDULILLAH KINI KEHIDUPAN SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA ITU SEMUA BERKAT BANTUAN EYANG JOYO KARTOYO MEMBERIKAN ANGKA RITUAL KEPADA SAYA, DAN BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI EYANG JOYO KARTOYO DI NOMOR 085-211-977-346 NOMOR RITUAL EYANG JOYO KARTOYO MEMANG TIDAK DUANYA DIJAMIN 100% TEMBUS

    ReplyDelete
  3. KISAH SUKSES SAYA JADI TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS. AGUSDIN SUBIANTORO yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku deputi Bidan penempatan BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0823-5240-6469
    kisah cerita saya awal jadi TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS AGUSDIN SUBIANTORO yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0823-5240-6469
    kisah cerita saya awal jadi TKI

    Disini saya akan bercerita kisah sukses yang menjadi kenyataan mimpi Beliau.
    KEGIATAN SEBELUM MENGIKUTI PROGRAM.
    Seperti para pemuda umumnya dan dengan kondisi ekonomi Keluarga saya yang pas-pasan saya ikut merasa prihatin dan menghendaki adanya perubahan ekonomi dalam keluarga saya. Saya lahir di salah satu kampung terpencil di kota surabaya jawa timur, dimana struktur tanah tempat kelahiran dia adalah pegunungan dengan mata pencaharian masyarakat sekitar petani dan beternak. Pengorbanan keluarga yang selama mendidik, membina dan membiayai hidup saya selama ini tak cukup hanya sekedar saya mengikuti jejak orang tua saya menjadi petani, saya harus membuktikan kepada keluarga untuk menjadi yang terbaik, tetapi dimana dan bagaimana? Sisi lain saya tau saya hanya lulusan SLTA sedangkan lowongan pekerjaan hanya diperuntukan bagi lulusan Diploma dan Strata 1.
    Pada pertengahan tahun 2016 saya bertemu dengan seorang teman lama di Jalan Raya waru sidoarjo. Dia memperkenalkan saya dengan salah satu pejabat BNP2TKI PUSAT, Beliau adalah KPL DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO. Alamat BNP2TKI Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770.
    Saya diberikan No Kontak Hp Beliau, dan saya mencoba menghubungi tepat jam 4 sore, singkat cerita saya'pun menyampaikan maksud tujuan saya, bahwa sudah lama saya mengimpikan bisa bekerja di japang. Beliaupun menyampaikan siap membantu dengan bisa meluluskan dengan beberapa prosedur , saya rasa prosedur itu tidak terlalu membebani saya. Dari sinilah saya menyetujui nya, yang sangat membuat Aku bersyukur adalah bahwa saya diminta melengkapi berkas untuk saya kirim ke kantor beliau dan sayapun disuruh menyiapkan biaya pengurusan murni sebesar Rp. 22.500.000. Inilah puncak kebahagiaan saya yang akhirnya saya bisa menginjakkan kaki di negeri sakura japang.
    Akhirnya saya mendapat panggilan untuk ke jakarta untuk dibinah selama 2 minggu lamanya, saya hanya diajarkan DASAR berbahasa japang. Makna yang terkandung di dalam'nya sangat luar biasa dirasakan oleh saya, tanggung jawab, disiplin, berani dan sebagainya merubah total karakter saya yang dulu cengeng dan kekanak-kanakan, walau kadangkala saya masih belum begitu yakin apakah dia bisa berangkat Ke Jepang dengan baik, akhirnya saya mendapat Contrak kerja selama 3 tahun lamanya di bidang industri.
    Rasa pasrah dan khawatir menghinggapi saya saat itu, seorang anak kampung berangkat ke Jepang dengan menggunakan pesawat terbang yang sebelum belum pernah saya rasakan sebelumnya. Jangankan naik di atas pesawat melihat dari dekatpun saya belum pernah sama sekali.Di Bandara Soekarno Hatta kami di temani oleh petugas Depnakertrans dan IMM Japan untuk melepas keberangkatan saya, rasa haru dan air mata sedih berlinang di pipih saya pada saat saya di izinkan prtugas untuk pamit kepada keluarga yang kebetulan saya diantar oleh paman di jakarta, kami saling berpelukan dan mohon salam dan restu dari orang tua dan keluarga.
    MASA MENGIKUTI PROGRAM KEBERANGKATAN DI JEPANG.
    Setibanya di NARITA AIRPORT Jepang, saya dijemput oleh petugas IMM Japan yang ada di sana, dan dia diantar ke Training Centre Yatsuka Saitama-ken untuk mengikuti pembekalan sebelum di lepas ke perusahaan penerima magang di Jepang. jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk deputy Bidan pempatan BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO ini No Contak HP pribadi Beliau: 0823-5240-6469 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.

    ReplyDelete