Tuesday, June 7, 2016

SINGAPORE: WHERE TO STAY

sudut Orchad Road Singapore tempo dulu

Jaman bahuela, bangga banget klo bisa ngomong, "Kemarin gw baru d Singapore lho...". Sekarang, tiket ke Sing dah murah, rute perjalanan juga dah banyak bgt. Mau dari Medan, Pekanbaru, Jogja, Surabaya....apalagi klo dr Jakarta ato Batam, jangan ditanya.. Intinya, semua kelas menengah di Indonesia, klo punya niat, pasti bisa pergi liburan ke Singapore...meskipun masalah biaya hidup disana sudah lain ceritanya.

Meski sekarang dah ngga ada lagi kebanggaan buat ngunjungi Singapore, tetep aja negara kecil ini bikin amazed. Klo secara ukuran, dia tuh cuma 716 km2 (menurut om Wikipedia), ato sedikit lebih besar dari DKI Jakarta (itupun setelah nambah pasir dari mana-mana lho…). Sejak dari kapan tau, itu negara sudah ngebangun segala infrastructure nya dan menuhin negaranya (ato bisa kita bilang....kotanya) sama gedung2 bertingkat. Tapi entah gimana caranya, klo kita main ke Singapore sekarang, tetep aja ada bangunan yang dalam proses pembangunan....bukan rumah tinggal, lho...B-A-N-G-U-N-A-N. Gw ngga pernah paham apa itu nagunan lama dirubuhin trus diganti yang baru, atau dari dl itu sebenernya lahan kosong, jalanan ato makam ato taman, terus dijadiin gedung (secara belum pernah tinggal lama di Singapore ya..)



sudut Orchad Road sekarang


 Nahhh...berhubung lahannya super duper terbatas, makanya harga lahan disana super duper fantastis. klo sudah ngelihat ke titik ini, entah kenapa jadi bersyukur bgt tinggal di negara seluas Indonesia. Di negara kita, meskipun orangnya tergolong middle ato middle-low, masih berkesempatan buat punya rumah sendiri, ato setidaknya tanah (kadang tanahnya hasil warisan sihhh...). Klo di Sing, saking terbatasnya, 80 persen warganya mesti tinggal di flat. 


salah satu apartemen sederhana di Singapura
Peraturan kepemilikan flat pun ketat banget lho. Pertama, cuma boleh punya satu flat! Setau gw, itu wajib hukumnya (ngga tau juga ya...klo bisa lebih dengan 'syarat2' terrtentu). Dan selagi kita statusnya belum berkeluarga alias single, kita ngga bisa punya flat sendiri. Ini buat ngejamin ngga ada ortu yang memanfaatkan nama anak/ pasangannya buat nambah punya flat. Selain itu, juga untuk memastikan ada flat/ tempat tinggal buat keluarga yang ngga mampu. Pokoknya, di Singapore tuh dilarang jd gelandangan ato homeless people. 





gambaran isi flat di apartemen sederhana singapura
Kepemilikan flat adalah untuk 99 tahun (kenyataannya kan minim banget manusia yg mencapai umur segitu). Begitu kita daftar buat punya flat, maka pemerintah gabungin nama kita sama nama pendaftar lainnya. Setelah masuk kuota tertentu, maka flat dibangun. Setelah resmi punya, maka pembayaran flat automatically akan memotong penghasilan kita via rekening bank, jadi ngga bayar cash gitu. Selain lebih aman, juga membuat si pembeli flat berkomitmen menyelesaikan cicilan tempat tinggalnya.





But, orang Sing kan ngga semuanya kerja di negerinya. Ada juga yang kerja ke luar negeri....mungkin bisa kita sebut TKS (tenaga kerja singapore, hehehhee...). Nah....si TKS ini kan klo kerja ada kemungkinan flat nya nganggur. Inilah flat yang disewakan di Sing buat wisatawan, mahasiswa, ato tenaga kerja luar lainnya. Menyewakan flat bisa secara keseluruhan atau parsial. Menurut keterangan tour guide yang nemenin gw jalan2, 1 flat full biaya sewanya bisa mencapai Sing$2500 / bulan (klo xRp10rb, sekitar Rp25 juta..!). Klo mau lebih murah, bisa sewa 1 kamar doank...harganya sekitar Sing$800 / bulan (tetep mahal...😅😅.. Klo di Jakarta, bisa dapat apartemen 3 kamar plus pembantu tuh).

salah satu apartemen mewah di Singapura
Tapi dengan biaya segitu pun, terrnyata tetep banyak peminatnya (jadi, mungkin pendapatan per kapita kita aja kali ya yg masih rendah...). Bahkan ada orang2 beruntung yang bisa beli rumah di Singapura. 

Penasaran ngga harag beli rumah di Singapore berapa? Lagi-lagi ini kata tour-guide gw yahh... Harganya sekitar Sing$2,5 juta....! (Klo dikali Rp10ribu, jumlah 0 nya ngalahin roda mobil tronton). Itu pun masih rumah di pinggir kota. Klo di tengah kota, lebih dasyat lagi harganya... Sing$5-9 juta....! Mungkin melihat angka ini, kepalamu sudah mendadak pusing dan pengen dijernihkan sambil nyeruput segelas teh es dingin. Mungkin sambil berpikir,"Orang gila mana yang mau beli dengan harga segitu..??!!!". Yahhh....nyatanya 'orang gila' itu ada. Dan masih ada  lagi...... pernah dengar Sentosa Island? Permukaan yang dibangun hasil tanah reklamasi itu (yang katanya dari membeli pasir/ tanah dari Indonesia) ternyata menyisihkan sebagian kecil daerah untuk dibangun rumah....atau tepatnya villa.. Nah, klo yang ini harganya....😭😭😭 sampe ngga tega nulisnya... Sekitar 7x harga rumah di tengah kota ...




flat macam ini kerap disewakan untuk wisatawan/ pendatang
 Jadi...begitulah cara Singapore menghargai setiap jengkal tanahnya. Semuanya dilakukan demi kepentingan bersama...yg kaya ngga kebalablasan (atau diijinkan membablaskan hartanya di luar negeri aja), yg miskin ngga terlantar. Oleh karena itu, jangan harap ada space buat pemakaman, apalagi klo mau dibuat segede kuburan Karet di Jakarta pusat. Rata-rata orang Singapore harus dikremasi setelah meninggal. Mungkin sebagian orang mikir masih mending di Jakarta, meskipun 1 liang bisa ditumpuk 3 sampe 5 jenazah. Tapi yaaaahhhhh.....lagi-lagi, setiap kebijakan pemerintah ngga ada yang sempurna, kan...



SUMBER FOTO: google.com





No comments:

Post a Comment