Wednesday, August 26, 2015

KEHJE SEWEN: hari 7

ini dia CEOnya BOSF Indonesia, Jamartin Sihite
Salah satu orang BOSF, Jamartin, perlahan mulai membuka penutup kandang 3 orangutan itu. Lesan, Casey, dan Mail, tak serta merta menyambutnya. Mereka nampak ragu sejenak..... namun terus berayun dengan pelan, mendekati pintu kandang. Entah itu Lesan, atau Casey, atau Mail.....yang terlebih dahulu keluar....aku tak tahu -- karena harus mengamati mereka dari jauh.

Dia mulai merangkak menyusuri teralis-teralis besi bagian luar.....naik semakin tinggi.....dan...yapp....beralih ke dahan pepohonan. Lalu dua lainnya, menyusul keluar kandang.

ngga sembarang orang bisa punya nurani buat ngerawat orangutan
Para traineer BOSF hanya berdiri mengamati, nyaris tak bersuara. Sesekali mereka menggunakan teropong, untuk mengamati pergerakan Lesan, Casey, dan Mail yang mulai menjajaki rumah baru mereka. Meraba dahan-dahan, meremas dedaunan, dan menemukan buah untuk dicicipi dan akhirnya hanya dilempar ke tanah.

Seulas senyum tersungging di wajah para traineer. Nampaknya kerja keras mereka membuahkan hasil. Setelah menanti selama 10 tahun, akhirnya mereka bisa melepas liar orangutan tahun ini. 

mengembalikan orangutan ke hutan sama dengan menyelamatkan hutan
Setelah kegiatan rescue, pencarian lokasi rehabilitasi, pencarian lokasi lepas liar, negosiasi dengan pemerintah.....rangkaian upaya panjang itu membawa mereka mengantar pada orangutan. Meskipun mungkin ini belum berakhir......

Yang jelas, aku tidak memiliki kontak bathin dengan ketiga mamalia itu, seperti yang dimiliki oleh para traineer BOSF yang merawat mereka. Tetapi melihat mereka berayun di dahan sembari menjauh, rasanya tidak bisa menahan untuk tersenyum dan membathin,
"Selamat berjuang, ya.....Mail, Casey, Lesan...."

baby orangutan yang masih dalam perawatan di tempat rehabilitasi
Akhirnya, mail, lesan, dan casey kembali ke habitat asli mereka. namun lepas-liar puluhan orangutan setiap tahunnya, tidak akan berarti banyak........jika setiap tahun pula, ratusan orangutan harus mencari tempat rehabilitasi, karena keserakahan tangan manusia.......

P.S:
untuk melihat videonya, anda dapat mengklik link youtube milik BOSF berikut:
https://www.youtube.com/watch?v=ymsvTFgfLlc

when u see their eyes, u'll know that they're just like us -- the creation of God
 SUMBER FOTO: google.com


personal message:
big thanks to all of photographers who took those wonderful pictures.... I'm sure orangutans have caught your heart and made u realize that their survival is our responsibility...... :)



No comments:

Post a Comment