Wednesday, August 26, 2015

KEHJE SEWEN: hari 5

kedatangan Lesan, Casey, dan Mail


Hari ini camp 103 akan kedatangan tamu. Merekalah tujuan kami datang kesini: orangutan. Ohhh....ya, aku belum memberitahumu bahwa orangutan yang akan dilepasliarkan ada 3 ekor. Masing-masing punya nama, lho....  mereka adalah Lesan, Casey, dan Mail. Mail adalah orangutan jantan, sedangkan Lesan dan Casey, betina. 

kenalkan...ini Casey si betina besar
Perlu diketahui, ada kriteria bagi orangutan yang diijinkan untuk lepas liar. Bayangkan aja, mereka bisa jadi lahir di pusat rehabilitasi BOSF. Minum susu dan makan dari tangan manusia -- terbiasa diperlakukan layaknya bayi manusia. Mungkin mereka diperlakukan seperti itu 5 hingga 8 tahun. Jadi, langsung melepas liar mereka tanpa memberikan trik survive hidup di hutan, sama saja dengan membunuh orangutan.

Selain harus bebas penyakit, orangutan yang siap dikembalikan ke habitatnya harus bisa mandiri membuat sarang, mencari makan, dan mengenali musuh. Mereka juga (mau ngga mau) tidak boleh mengenal manusia sebagai teman. Jika tidak, mereka akan sulit mendifinisikan manusia itu sebagai ancaman atau tidak. Jadi orangutan yang akan dilepasliar akan dididik agar tidak mau mendekati manusia.

Lesan keliatan kesenangan nangkring di pohon
Gerimis turun di hutan Kehje Sewen, saat helikopter yang membawa Lesan, Casey, dan Mail, mendarat siang ini.....hanya sekitar 100 meter dari camp. Kedatangan mereka disambut dengan tari tembang-bata yang dibawakan oleh gadis-gadis suku dayak wehea telen, dalam alunan petikan musik yang dimainkan Musa Ba Helaq. inilah cara mereka menyambut tamu baru, dan sahabat mereka, si orangutan.

Kami menyaksikan mereka datang bersama dengan tim BOSF yang lainnya, sambil bernaung di bawah atap seng serambi camp kami. Hujan yang mengguyur pun semakin deras.

Rupanya Lesan, Casey, dan Mail dibawa dalam kandang berbentuk kotak berwarna perak yang diberikan lubang udara. Kotak tersebut diberikan penyangga kayu di dua sisi, sehingga dapat digotong seperti tandu oleh para traineer BOSF. Sebelum diangkut dengan heli, mereka bertiga (Lesan, Casey, Mail) dibius terlebih dahulu. Namun nampaknya efek dari bius akan segera habis. 

Mail nemuin tempat paling uenaakkk...buat nyantai
Beberapa kali terdengar Lesan menggedor kandangnya -- nampak tak sabar untuk keluar. Beberapa kali pula para traineer mencoba menenangkannya. Seperti dengan memberi makanan ataupun membiusnya kembali.

Seharusnya, Lesan, Casy, dan Mail dibawa ke hutan sore ini. namun hujan terlalu deras. Mereka terpaksa menginap semalam di camp 103. Semoga saja mereka betah. Entah mereka sadar atau tidak hal apa yang akan mereka jelang besok.....

P.S:
untuk melihat videonya, anda dapat mengklik link youtube milik BOSF berikut:
https://www.youtube.com/watch?v=vyepBwvFB9E

SUMBER FOTO: google.coma

No comments:

Post a Comment