Thursday, June 14, 2012

Everest: hari 16

Hari ini keberuntungan berpihak padaku... Aku yakin Tuhan telah menjawab doaku yang setengah putus asa itu^^ Pagi ini, saat aku, Lalbadur, Tes, dan 2 porter lainnya berangkat meninggalkan Periche, cuaca sangat cerah. Angin yang berhembus pun tidak terlalu kencang. Tetapi Tes sudah mengantisipasi agar aku tidak terkena AMS lagi. Dia menyiapkan obat diamox, satu termos air panas, dan memastikan  aku memakai masker serta merapatkan sarung tangan ke dalam sela wind-breakerku. Aku pun sudah menyiapkan beberapa coklat untuk dimakan sepanjang perjalanan.

apakah pemilik kuda ini mirip Silvano  Hajid?
 Aku menikmati perjalananku kali ini...(ya, iya lahhh...naik kuda^^). Puncak-puncak himalaya terlihat bagaikan pemandangan yang agung. Dari 14 puncak tertinggi yang ada di dunia, 8 puncak terletak di himalaya. Selain Everest, ada  Kanchenjunga 8586 m, Lhotse 8516 m, Makalu 8463 m, Cho oyu 8201 m, Dhaulagiri 8167 m, Manaslu 8163 m, dan Annapurna 8091 m. Selain puncak-puncak ini, masih ada Ama dablam, Thamserku, Pumori, Cholatse, Hungchi, dan Lobuche. Dari tempat kami berjalan, Ama Dablam terlihat sangat dekat sekali, meskipun berada di seberang jurang.

ternyata naik kuda itu enak lho..^^
 Kami menyusuri pinggir sungai kecil, mendaki bukit, melewati padang batu, dan sampai di Lobuche, untuk yang kedua kalinya, saat jam makan siang. Aku merasakan tubuhku sehat dan tidak kesulitan bernapas.... Aku senang sekali. Untuk merayakannya, kami makan pringles dan bermain kartu UNO sampai sore hari...seru sekali. Yang lucu adalah, karena selama permainan, aku bisa melihat kartu milik pemain di sebelahku (yang adalah porter tas ku) tanpa ia ketahui:p


 Untuk makan siang dan makan malam, Tes kembali mengingatkan agar aku memesan sup bawang putih. Tentu saja saran itu kuterima. Dan sambil menyiapkan sebotol air panas di samping tempat tidurku (persiapan agar ngga dehidrasi),  malam ini aku berdoa supaya salju tidak turun, sehingga perjalanan kami tidak akan terasa terlalu berat untuk esok hari. Tapi kali ini hatiku mantap sekali...entah bagaimana menggambarkannya, tapi aku yakin bahwa kali ini aku akan sampai ke EBC....semoga saja.....

No comments:

Post a Comment